Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Asbabun Nuzul

Secara etimologi asbab al-nuzul terdiri dari kata “asbab” (bentuk plural dari kata “sabab”) yang mempunyai arti latar belakang, alasan atau sebab/illat (Almunawwir,1997:602) sedang kata “nuzul” berasal dari kata “nazala” yang berarti turun (Al munawwir,1997:1409). Menurut Al-Ghazali “Nuzul” adalah perpindahan sesuatu dari posisi tertinggi ke posisi yang rendah. Dengan demikian asbab al-nuzul adalah suatu konsep, teori, atau berita tentang sebab-sebab turunnya wahyu tertentu dari Al-Qur’an kepada nabi Muhammad, baik berupa satu ayat maupun rangkaian ayat.

Asbab al-nuzul didefinisikan “sebagai suatu hal yang karenanya al-qur’an diturunkan untuk menerangkan status hukumnya, pada masa hal itu terjadi, baik berupa peristiwa maupun pertanyaan”, asbab al-nuzul membahas kasus-kasus yang menjadi sebab turunnya beberapa ayat al-qur’an. Menurut Hasbi Ash-shidiqy makna asbab al-nuzul adalah "kejadian yang karenanya diturunkan Al-qur’an untuk menerangkan hukumnya dari hari timbul kejadian-kejadian itu dan suasana yang didalam suasana itu Al-qur’an di turunkan serta membicarakan sebab yang tersebut itu, baik diturunkan langsung sesudah terjadi sebab itu, ataupun kemudian lantaran sesuatu hikmah".

 Berkaitan dengan latar belakang turunnya ayat-ayat Al Qur’an, para ulama berpendapat bahwa , al-qur'an turun dengan dua cara. Pertama, ayat-ayat yang diturunkan oleh Allah tanpa suatu sebab atau peristiwa tertentu yang melatar belakangi. Kedua, ayat-ayat yang diturunkan karena dilatarbelakangi oleh peristiwa tertentu. Berbagai hal yang menjadi sebab turunnya ayat inilah yang kemudian disebut dengan asbab al-nuzul.

Para ulama’ salaf terdahulu dalam mengemukakan sesuatu mengenai asbabun nuzul mereka sangat berhati-hati, tanpa memiliki pengetahuan yang jelas mereka tidak berani untuk menafsirkan suatu ayat yang telah diturunkan. Diriwayatkan suatu hari Muhammad bin Sirin bertanya kepada 'Ubaidah tentang satu ayat Al-Qur'an, maka dijawab oleh 'Ubaidah "Bertaqwalah kapada allah dan berkatalah yang benar. Orang-oarang yang mengetahui mengenai apa qur’an itu diturunkan telah meninggal". Maksudnya: Para sahabat, tabi'in dan ulama seperti Ibn Sirin, yang termasuk tokoh tabi’in terkemuka sangat hati-hati dan cermat mengenai riwayat sebab turunnya ayat al-Qur'an. Hal ini menunjukkan bahwa seseorang harus mengetahui benar-benar asbabun nuzul ketika hendak meriwayatkannya. 

7 komentar untuk "Pengertian Asbabun Nuzul"

  1. Assalamualaiiqum...bagus nya ini di sertakan Contoh ayat nya...dan kenapa ayat itu di turunkan...

    BalasHapus
  2. Assalamualaiiqum...bagus nya ini di sertakan Contoh ayat nya...dan kenapa ayat itu di turunkan...

    BalasHapus
  3. Minta princian antra asbabun nuzul dengan nuzulul qur'an

    BalasHapus
  4. Keren penjelasannya, saya jadi terinspirasi buat blog tentang asbabunnuzul. Ini sebagian materi yg sudah di publis
    kompilasi asbabunnuzul quran

    BalasHapus
  5. kak alghazali itu siapa

    BalasHapus
  6. Al ghazali itu sufi yang hidup saat era formatik yang bernama lengkap Abu Hamid Al Ghazali.

    BalasHapus